7 Poin Penting Etika Saat Menelpon atau diTelpon Pelanggan | untuk meningkatkan dan mengembangkan pertumbuhan bisnis anda ke arah yang lebih baik, kadang berinteraksi dengan klien lewat telepon itu memang diperlukan. Interaksi lewat telepon akan memudahkan berbagai perencanaan, dan juga membantu efektivitas kerja, bahkan dapat membangun peluang bisnis baru. Karena itulah, pelaku bisnis harus pintar berinteraksi dan perlu mempraktikkan kecakapan bicara lewat telepon.
Berkomunikasi dengan klien atau para pelanggan via telepon nyatanya memang bukanlah perkara mudah. Diperlukan pendekatan yang khusus agar pembicaraan anda dengan mereka dapat berjalan efektif, tidak keluar dari topik pembicaan dan sukses mengembangkan percakapan tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan telepon bisnis.
7 POINT PENTING SAAT ADA TELEPON BISNIS
1. MEMPERKENALKAN DIRI
Gunakan nama depan atau nama panggilan akrab anda saat ingin memperkenalkan diri. Ini merupakan bentuk lain dari salam pembuka yang ramah dan hangat dalam sebuah pembicaraan standar bisnis profesional.
2. JANGAN BIARKAN MEREKA MENUNGGU LAMA
Jika klien atau pelanggan menelepon Anda terlebih dahulu, cobalah untuk tidak membiarkan mereka untuk menunggu terlalu lama. Bila Anda tidak bisa membantu / menjawabnya secepat mungkin, katakan padanya bahwa anda akan menelponnya kembali.
3. BERSIKAP TENANG DAN FRIENDLY
Bersikaplah sabar, tenang dan bersahabat. dengarkan dengan seksama hal-hal apa saja yang klien atau pelanggan sampaikan. Hindari menyela atau melontarkan jawaban sebelum klien atau pelanggan tersebut menyelesaikan pembicaraannya.
4. SEGERA DITINDAK LANJUTI
Segera tindak. maksudnya lanjuti telepon dari klien atau pelanggan. Ini juga merupakan poin penting untuk meningkatkan kepercayaan dari mereka sekaligus menunjukan bentuk pelayanan yang baik dari Anda.
5. COBA LAH LEMBUT DAN BERSUARA RAMAH
Cobalah untuk menggunakan nada bersahabat atau bersuara lembut dan ramah saat berinteraksi lewat telepon dengan mereka. Seringlah menyapa dengan menyebut namanya setiap kali Anda menelepon
6.TERSENYUMLAH
Tersenyumlah setiap kali Anda berbicara di telepon.meskipun senyum anda tidak terlihat, namun suara dan nada bicara Anda akan terdengar lebih bersahabat dan menyenangkan jika dibandingkan dengan bicara tanpa senyum.
7. JANGAN TERBURU BURU
Hindarkan menerima telepon dengan terburu-buru. itu akan terlihat seperti men teror seseorang. Jika anda merasa tidak mampu menangani telepon yang datang dengan baik, biarkanlah mesin penjawab otomatis yang menjawabnya sampai anda benar-benar siap menerima telepon.
Demikian 7 Poin Penting Etika Saat Menelpon Client. Tidak ada salahnya kalau Anda ingin menelepon mereka hingga beberapa kali untuk menjalankan beberapa proses bisnis atau memperkenalkan sebuah produk. namun juga jangan terlalu sering, karena bisa jadi Anda malah diclaim sebagai pengganggu. Jika pelanggan merasa terganggu risikonya Anda malah jadi kehilangan peluang.